ARTIKEL
PEMASARAN JASA INFORMASI
Tentang
Bauran
Pemasaran Menjadi 4 p
(Product, Price, place dan Promotion).
Disusun Oleh:
Netra afrita
109.140
Dosen Pembimbing
Resty Jayanti Fakhlina,S.Sos,M.A.
JURUSAN
ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN
FAKULTAS
ADAB
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM
BONJOL PADANG
1433
H/ 2012M
PENDAHULUAN
بسم الله الرحمن الرحيم
Dalam
mata kuliah Pemasaran Jasa Informasi, Penulis menuliskan sebuah
artikel tentang Bauran Pemasaran Menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion).dimana
penulis akan mencoba menjelaskan menurut
pemikiran sendiri tentang bagaimana studi kasus di lapangan tentang bauran
pemasaran menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion) tersebut.
Di lihat dari maksud bauran
pemasaran di sini adalah suatu hasil membaurkan; campuran: ritual-ritual
religi akan berubah bentuk dr pengotak-ngotakan menjadi - nilai yg transparan.
Sedangkan menurut Kotler (2000) mendefinisikan
bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam
pasar sasaran“.
Abstrak
Bauran
Pemasaran Menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion)
Bauran
pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. sedangkan menurut Jerome
Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran
pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Place dan Promotion). (a) Product
(Produk): Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang
ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan
pelanggan.(b) Price (Harga): Bauran harga
berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur
diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai
kelompok pelanggan.(c) Saluran Distribusi (Place): Merupakan
keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para
pelanggan.(d) Promotion (Promosi): Bauran
promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan
Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat.
ARTIKEL
TENTANG BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Kotler (2000) mendefinisikan
bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam
pasar sasaran“.Sedangkan
menurut Jerome
Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran
pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Place dan Promotion).
a. Product (Produk).
Merupakan
bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui
pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja
(baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan
potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan
semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau
dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik,
jasa, orang, organisasi dan ide.
b. Price (Harga)
Bauran harga
berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur
diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai
kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan
seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan
dapat terjangkau oleh konsumen.
c. Saluran Distribusi (Place)
Merupakan
keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para
pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan
outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
d. Promotion (Promosi)
Bauran
promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap
Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh
perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
Variabel-variabel
bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu
trategi dalam uasaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. tetapi dalam
pelaksanaannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan
kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.
Dalam pemasaran
produk baik yang brerwujud fisik maupun tidak dapat kita lakukan dengan cara
yang baik, seprti:
1.
Terlebih dahulu dalam suatu pemasaran hendaknya kita melihat
kondisi dan situasi tempat yang akan kita gunakan untuk dijadikan proses
penjual belikan suatu barang yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupannya.
2.
Kita hendaknya memperhatikan produk yang akan kita pasarkan.
3.
Kita hendaknya mesti bisa mempertimbangkan kualitas produk mana
yang mesti dipasarkan atau produk mana yang tidak lagi pantas dipasarkan.
4.
Dalam pemasaran produk yang berupa fisik, kita hendaknya lebih bisa
memikirkan keseimbangan harga yang sesuai dengan produk yang akan kita
pasarkan.
5.
Dalam pemasaran produk, sebaiknya kita memberikan contoh produk dan
kualitas yang berbeda-beda dalam setiap pemasaran, agar konsumen tidak merasa
bosan dengan produk yang kita pasarkan.
6.
Memberikan kepuasan bagi
pelanggan yang berkeinginan membeli produk yang kita pasarkan.
Dalam pemasaran yang telah dijelaskan di atas, maka kita dapat
mengambil suatu kesimpulan bahwa produk yang kita pasarkan itu hendaknya dapat
di peroleh atau digunakan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan
memiliki suatu rasa keinginan untuk memiliki suatu produk yang kita pasarkan
tersebut.
Selain membahas tentang produk yang kita pasarkan, tentu kita juga
perlu mengetahui tentang harga suatu produk tersebut sesuai dengan kualitas
atau mutu pada produk tersebut. dimana
dalam pemasaran masalah harga sangat perlu juga diperhatikan. karena
harga merupakan hal yang sangat sensitif bila dalam suatu pemasaran produk
tersebut tidak sesuai dengan kualitas produk yang kita tawarkan. di samping
itu, kita memberikan diskson pada suatu produk agar pembeli atau pelanggan
termotifasi dan berminat untuk membeli dan memiliki keinginan atas barang yang
kita pasarka tersebut. serta harga hendaknya
memiliki keterjangakauan bagi konsumen yang memeiliki keinginan untuk
membeli barang yang kita pasarkan.
Setelah menetapkan harga yang sesuai dengan produk yang kita
pasarkan tersbut, tentu kita perlu mengetahui saluran-saluran tentang pemasaran
yang akan kita pakai atau kita gunakan, agar produk yang kita miliki bisa
diketahui oleh sesorang atau publik.
Dimana saluran-saluran yang kita gunakan tersebut bisa melalui
saluran televisi, radio, seperti: iklan dan berita, serta bisa melalui media
cetak, seperti: majalah, koran,dll.
Setelah harga sudah dirancang sesuai dengan kualitas produk yang
dipasarkan, tentu kita perlu mempromosikan produk kepada konsumen. dimana suatu
produk pelu melakukan metode-metode apa yang harus dipakai dalam mempromosikan
produk kepada konsumen, agar konsumen tidak merasa bosan serta mengaggu
aktivitasnya.
Di mana cara-cara yang akan digunakan oleh seorang tukang promosi
suatu barang yang akan dipasarkannya adalah:
1.
Terlebih dahulu seseorang harus memperkenalkan produknya kepada
pemakai/konsumen.
2.
Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.
3.
Berusaha memberikan ketertarikan kepada konsumen tentang suatu
produk yang akan di jual.
4.
Seseorang yang mempromosikan produknya hendaknya bisa menjelaskan
tentang produk-produk apa saja yang ingin dijual. serta menjelaskan
produk-produk mana yang akan dipromokan atau di diskonkan, agar konsumen
tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi yang perlu dipertimbangkan
yaitu:
1.
Jenis pasar produk
2.
Strategi dorong lawan strategi tarik
3.
Kesiapan tahap pembeli
4.
Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk, seperti: tahap perkenalan
tahap pertumbuhan, tahap kemampuan, dan tahap penurunan.
Contohnya: Pemasaran Hand & Body Lotion
Ø
Product
(Produk).
Hand &
Body Lotion Citra Pearly White UV
Ø
Price
(Harga)
Harga
hand body 250 ml Rp.17.000,00
Ø
Saluran
Distribusi (Place)
Saluran distribusinya
adalah lewat TV yaitu melalui iklan.
Ø
Promotion
(Promosi)
Dengan memakai
Citra Pearly White UV Lotion dengan bubuk mutiara cina alami yang dikenal dapat
membuat kulit tampak putih alami secantik kilau mutiara.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Menurut Kotler (2000) mendefinisikan
bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam
pasar sasaran“.
Sedangkan Jerome
Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran
pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place),yaitu:
a.
Product (Produk).
b.
Price
(Harga)
c.
Promotion
(Promosi)
d.
Saluran Distribusi (Place)
B.
Saran
Dalam penulisan
artikel ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan baik dalam penulisan,
isi, maupun dalam penjabarannya. Oleh sebab itu penulis butuh tambahan, sanggahan, dan masukan dari
teman-teman dan dari dosen pembimbing. Sehingga artikel kali ini bisa mencapai
kesempurnaan.
Dengan adanya artikel
ini, hendaknya dapat menjadi acuan bagi pembaca serta bermanfaat dalam
mempelajari “Bauran Pemasaran Menjadi 4p (Product, Price, place dan
Promotion) ini, atas kritikan dan saran bagi pembaca sangat saya
harapakan. Terimakasih.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html
No comments:
Post a Comment