Thursday, December 27, 2012



ARTIKEL
PEMASARAN JASA INFORMASI
Tentang
Bauran Pemasaran Menjadi 4 p
 (Product, Price, place dan Promotion).



Disusun Oleh:

Netra afrita
109.140


Dosen Pembimbing
Resty Jayanti Fakhlina,S.Sos,M.A.


JURUSAN ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ADAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1433 H/ 2012M

PENDAHULUAN
بسم الله الرحمن الرحيم
Dalam mata kuliah Pemasaran Jasa Informasi, Penulis menuliskan sebuah artikel tentang Bauran Pemasaran Menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion).dimana penulis akan mencoba menjelaskan  menurut pemikiran sendiri tentang bagaimana studi kasus di lapangan tentang bauran pemasaran menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion) tersebut.
Di lihat dari maksud bauran pemasaran di sini adalah suatu hasil membaurkan; campuran: ritual-ritual religi akan berubah bentuk dr pengotak-ngotakan menjadi - nilai yg transparan.
Sedangkan menurut Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“.
















Abstrak
Bauran Pemasaran Menjadi 4 p (Product, Price, place dan Promotion)
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. sedangkan menurut Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Place dan Promotion). (a) Product (Produk): Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan.(b) Price (Harga): Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan.(c) Saluran Distribusi (Place): Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan.(d) Promotion (Promosi): Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat.




















ARTIKEL TENTANG BAURAN PEMASARAN

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“.Sedangkan menurut Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Place dan Promotion).
a.    Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.
b.   Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
c.    Saluran Distribusi (Place)
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
d.   Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu trategi dalam uasaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. tetapi dalam pelaksanaannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.
Dalam pemasaran produk baik yang brerwujud fisik maupun tidak dapat kita lakukan dengan cara yang baik, seprti:
1.         Terlebih dahulu dalam suatu pemasaran hendaknya kita melihat kondisi dan situasi tempat yang akan kita gunakan untuk dijadikan proses penjual belikan suatu barang yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupannya.
2.         Kita hendaknya memperhatikan produk yang akan kita pasarkan.
3.         Kita hendaknya mesti bisa mempertimbangkan kualitas produk mana yang mesti dipasarkan atau produk mana yang tidak lagi pantas dipasarkan.
4.         Dalam pemasaran produk yang berupa fisik, kita hendaknya lebih bisa memikirkan keseimbangan harga yang sesuai dengan produk yang akan kita pasarkan.
5.         Dalam pemasaran produk, sebaiknya kita memberikan contoh produk dan kualitas yang berbeda-beda dalam setiap pemasaran, agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang kita pasarkan.
6.         Memberikan kepuasan bagi  pelanggan yang berkeinginan membeli produk yang kita pasarkan.

Dalam pemasaran yang telah dijelaskan di atas, maka kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa produk yang kita pasarkan itu hendaknya dapat di peroleh atau digunakan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan memiliki suatu rasa keinginan untuk memiliki suatu produk yang kita pasarkan tersebut.
Selain membahas tentang produk yang kita pasarkan, tentu kita juga perlu mengetahui tentang harga suatu produk tersebut sesuai dengan kualitas atau mutu pada produk tersebut. dimana  dalam pemasaran masalah harga sangat perlu juga diperhatikan. karena harga merupakan hal yang sangat sensitif bila dalam suatu pemasaran produk tersebut tidak sesuai dengan kualitas produk yang kita tawarkan. di samping itu, kita memberikan diskson pada suatu produk agar pembeli atau pelanggan termotifasi dan berminat untuk membeli dan memiliki keinginan atas barang yang kita pasarka tersebut. serta harga hendaknya  memiliki keterjangakauan bagi konsumen yang memeiliki keinginan untuk membeli barang yang kita pasarkan.
Setelah menetapkan harga yang sesuai dengan produk yang kita pasarkan tersbut, tentu kita perlu mengetahui saluran-saluran tentang pemasaran yang akan kita pakai atau kita gunakan, agar produk yang kita miliki bisa diketahui oleh sesorang atau publik.
Dimana saluran-saluran yang kita gunakan tersebut bisa melalui saluran televisi, radio, seperti: iklan dan berita, serta bisa melalui media cetak, seperti: majalah, koran,dll.
Setelah harga sudah dirancang sesuai dengan kualitas produk yang dipasarkan, tentu kita perlu mempromosikan produk kepada konsumen. dimana suatu produk pelu melakukan metode-metode apa yang harus dipakai dalam mempromosikan produk kepada konsumen, agar konsumen tidak merasa bosan serta mengaggu aktivitasnya.
Di mana cara-cara yang akan digunakan oleh seorang tukang promosi suatu barang yang akan dipasarkannya adalah:
1.         Terlebih dahulu seseorang harus memperkenalkan produknya kepada pemakai/konsumen.
2.         Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.
3.         Berusaha memberikan ketertarikan kepada konsumen tentang suatu produk yang akan di jual.
4.         Seseorang yang mempromosikan produknya hendaknya bisa menjelaskan tentang produk-produk apa saja yang ingin dijual. serta menjelaskan produk-produk mana yang akan dipromokan atau di diskonkan, agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi yang perlu dipertimbangkan yaitu:
1.         Jenis pasar produk
2.         Strategi dorong lawan strategi tarik
3.         Kesiapan tahap pembeli
4.         Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk, seperti: tahap perkenalan tahap pertumbuhan, tahap kemampuan, dan tahap penurunan.

Contohnya: Pemasaran Hand & Body Lotion
Ø   Product (Produk).
Hand & Body Lotion Citra Pearly White UV
Ø   Price (Harga)
Harga hand body 250 ml Rp.17.000,00
Ø   Saluran Distribusi (Place)
Saluran distribusinya adalah lewat TV yaitu melalui iklan.
Ø   Promotion (Promosi)
Dengan memakai Citra Pearly White UV Lotion dengan bubuk mutiara cina alami yang dikenal dapat membuat kulit tampak putih alami secantik kilau mutiara.



PENUTUP
A.    Kesimpulan
Menurut Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“.
Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place),yaitu:
a.       Product (Produk).
b.      Price (Harga)
c.       Promotion (Promosi)
d.      Saluran Distribusi (Place)

B.     Saran
Dalam penulisan artikel ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan baik dalam penulisan, isi, maupun dalam penjabarannya. Oleh sebab itu penulis  butuh tambahan, sanggahan, dan masukan dari teman-teman dan dari dosen pembimbing. Sehingga artikel kali ini bisa mencapai kesempurnaan.
Dengan adanya artikel ini, hendaknya dapat menjadi acuan bagi pembaca serta bermanfaat dalam mempelajari “Bauran Pemasaran Menjadi 4p (Product, Price, place dan Promotion) ini, atas kritikan dan saran bagi pembaca sangat saya harapakan.  Terimakasih.





DAFTAR PUSTAKA
http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html



No comments:

Post a Comment

Post a Comment