MAKALAH PRIBADI
PEMASARAN JASA INFORMASI
Tentang
DIFFERENTIATION, BAURAN INFORMASI, DAN SELLING
Disusun Oleh:
Netra afrita
109.140
Dosen Pembimbing
Resty Jayanti Fakhlina,S.Sos,MA
JURUSAN
ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN
FAKULTAS
ADAB
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM
BONJOL PADANG
14332012M
PENDAHULUAN
بسم
الله الرحمن الرحيم
Dalam mata kuliah Pemasaran Jasa Informasi, pemakalah
mendapatkan pembahasan tentang Differentiation,
bauran informasi,dan selling. dimana pemakalah akan menjelaskan differentiation,
bauran informasi,dan selling dalam pemasaran jasa informasi.
Dimana diferensiasi itu adalah pembedaan keadaan sifat atau fungsi yang
berlainan dari sebelumnya. sedangkan kalau dilihat dari Definisi 'Diferensiasi
Produk' Sebuah proses pemasaran yang menampilkan perbedaan antara produk.
Kotler (2000)
mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah
kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran
pemasarannya dalam pasar sasaran“.
Defenisi penjualan merangkum inti permasalahan, karena penjualan yang
pertama dan utama transaksi antara penjual dan calon pembeli atau pembeli.
jadi, menjual adalah menawarkan untuk bertukar item nilai untuk item yang
berbeda.
PEMBAHASAN
A.
DIFFERENSIASI
Dif · · fer en · ti · a · tion Pengucapan (df-rnsh-shn) yang artinya Tindakan
atau proses yang membedakan dan keadaan yang menjadi dibedakan. Tindakan atau
proses yang membedakan seperti: Matematika Proses komputasi derivatif dan Biologi
Proses dimana sel-sel atau jaringan mengalami perubahan menuju bentuk yang lebih khusus atau fungsi, terutama selama
perkembangan embrio.[1]
Kalau dilihat dari Kamus Ilmiah Kontemporer, diferensiasi itu adalah
perbedaan, perbedaan hak dan kewajiban,keadaan sifat atau fungsi yang berlainan
dari sebelumnya, klasifikasi atau pembagian struktur dan fungsi sel selama
berlangsungnya pertumbuhan/perkembangan tumbuhan atau organisasi.[2]
Jadi disini dapat di ambil kesimpulan bahwa diferensiasi itu adalah pembedaan
keadaan sifat atau fungsi yang berlainan dari sebelumnya.
Sedangkan
kalau dilihat dari Definisi 'Diferensiasi Produk' Sebuah proses pemasaran yang
menampilkan perbedaan antara produk. Diferensiasi terlihat untuk membuat produk
lebih menarik dengan membandingkan kualitas yang unik dengan produk pesaing
lainnya. Diferensiasi produk yang sukses menciptakan keunggulan kompetitif bagi
penjual, karena pelanggan melihat produk ini sebagai unik atau superior.
Investopedia
menjelaskan 'Diferensiasi Produk'
Diferensiasi
produk dapat dicapai dengan berbagai cara. Ini mungkin yang sederhana seperti
kemasan barang dengan cara yang kreatif, atau rumit seperti menggabungkan fitur
fungsional baru. Kadang-kadang diferensiasi tidak melibatkan mengubah produk
sama sekali, tapi membuat kampanye iklan baru atau promosi penjualan sebagai
gantinya[3].
B. BAURAN
INFORMASI
Defenisi bauran pemasaran
Bauran
pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.[4]
Maksudnya di sini adalah suatu hasil
membaurkan; campuran: ritual-ritual religi akan berubah bentuk dr
pengotak-ngotakan menjadi - nilai yg transparan.[5]
Sedangkan
menurut William J. Stanton (1993:7) bahwa pemasaran adalah ” suatu
sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan
keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial”.
Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa dalam pemasaran terdapat empat
unsur pokok kegiatan pemasaran yakni produk, harga, promosi dan distribusi yang
dimana satu sama lain saling berkaitan. Sehingga untuk menciptakan pemasaran
yang baik dan berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan serta memberikan
kepuasan terhadap konsumen, maka keempat unsur tadi perlu dirancang sebaik
mungkin terutama dengan memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan
konsumen sesuai dengan konsep pemasaran.
Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah
kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran
pemasarannya dalam pasar sasaran“.
Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004)
merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place),
yaitu:
a. Product (Produk).
Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan
untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang
dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan
keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk
diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.
b. Price (Harga)
Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan
taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat
diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan
besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu
buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
c. Saluran Distribusi (Place)
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses
terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah
saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah
memperoleh suatu produk.
d. Promotion (Promosi)
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan,
Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan
berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke
konsumen.[6]
C. SELLING (PENJUALAN/BERDAGANG
Defenisi penjualan merangkum inti permasalahan, karena penjualan yang
pertama dan utama transaksi antara penjual dan calon pembeli atau pembeli.[7]
Menjual adalah menawarkan untuk bertukar item nilai untuk item yang
berbeda. item asli dari nilai yang ditawarkan mukin berwujud dan tidak
berwujud. item kedua, biasanya uang, yang paling sering terlihat oleh penjual
sebagai nilai yang sama atau lebih besar dari yang sedang ditawarkan untuk
dijual.
seseorang atau organisasi menytakan minatnya untuk mengakuisisi item
yang ditawarkan nilai disebut sebagai pelanggan, calon pembeli atau calon
prospek. membeli dan menjual dipahami sebagai dua sisi dari “koin” yang sama
atau transaksi. baik penjual dan pembeli terlibat dalam proses negdan osiasi
untuk mewujudkan pertukaran nilai. pertukaran atau menjual, prosesnya telah
tersirat dalam aturan dan tahapan yang dapat di identifikasi. hal ini tersirat
bahwa proses penjualan akan dilanjutkan secara adil dan membeli, melihatkan
berkenalan, menilai kebutuhan masing-masing pihak untuk item nilai lain, dan
menentukan apakah nilai-nilai yang akan
ditukar adalah setara atau hampir jadi, atau dalam istilah pembeli, “harga yang
pantas”.
Dari sudut pandang manajemen itu dianggap sebagai bagian dari
pemasaran.
1.
Meskipun
keterampilan yang dibutuhan berbeda. penjualan sering membentuk kelompok
terpisah dalam struktur perusahaan, koperasi mempekerjakan spesialis terpisah
yang dikenal sebagai penjual (tunggal: penjual). jual dianggap oleh banyak
untuk menjadi semacam membujuk “seni”. berlawanan dengan kepercayaan populer,
pendekatan metodologis penjualan mengacu pada proses yang sistematis tonggak berulang
dan terukur, dimana salesman berkaitan menawarkannya suatu produk atau jasa
sebagai imbalan yang memungkinkan pembeli untuk mencapai tujuan mereka dengan
cara ekonomi.
2.
Semenatara
proses penjualan mengacu pada proses yang sistematis tonggak berulang dan
terukur, defenisi penjualan ini agak ambigu karena sifat dekat iklan, promosi,
hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.[8]
PENUTUP
A. Kesimpulan
Menurut kamus Ilmiah Kontemporer, diferensiasi itu adalah perbedaan,
perbedaan hak dan kewajiban,keadaan sifat atau fungsi yang berlainan dari
sebelumnya, klasifikasi atau pembagian struktur dan fungsi sel selama
berlangsungnya pertumbuhan/perkembangan tumbuhan atau organisasi.
Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004)
merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place),
yaitu:
a. Product (Produk).
b. Price (Harga)
c. Saluran Distribusi (Place)
d. Promotion (Promosi)
B. Saran
Dalam penulisan makalah ini, pemakalah menyadari masih terdapat
kekurangan baik dalam penulisan, isi, maupun referensi. Oleh sebab itu
pemakalah butuh tambahan, sanggahan, dan masukan dari teman-teman anggota
diskusi dan dari dosen pembimbing. Sehingga pembahasan kita kali ini mencapai
kesempurnaan.
Semoga dengan adanya diskusi hari ini, hendaknya dapat menjadi
acuan bagi pembaca serta bermanfaat
dalam mempelajari “Pemasaran Jasa Informasi” ini, atas kritikan dan
saran bagi pembaca sangat saya harapakan.
Terimakasih
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.thefreedictionary.com/differentiation
Al-Barry dan sofyan hadi,Kamus Imiah Kontemporer,Bandung,
Pustaka Setia: 2000.hal 64
htt://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html
http://dansite.wordpress.com/2009/04/05/bauran-pemasaran-marketing-mix/
http://sbinfocanada.about.com/od/marketing/g/selling.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/selling
[1] http://www.thefreedictionary.com/differentiation
[2] Al-Barry dan
sofyan hadi,Kamus Imiah Kontemporer,Bandung, Pustaka Setia: 2000.hal 64
[4]
htt://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html
[6] http://dansite.wordpress.com/2009/04/05/bauran-pemasaran-marketing-mix/
[7] http://sbinfocanada.about.com/od/marketing/g/selling.htm
[8]
http://en.wikipedia.org/wiki/selling
No comments:
Post a Comment